[Yesus bersabda,] “Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya.” Yohanes17:4

Pada akhir hidup-Nya, Yesus dapat berkata kepada Bapa, “Aku telah menyelesaikan apa yang harus Kulakukan dengan datang ke dunia ini.”Apakah hal itu berarti tidak akan ada lagi orang sakit yang perlu disembuhkan, khotbah yang perlu disampaikan, dan murid yang perlu dilatih? Apakah itu berarti setiap orang yang dipedulikan-Nya telah mendengar pesan-Nya dan memberikan tanggapan? Apakah tidak ada lagi kotak yang belum dicentang pada daftar pekerjaan yang harus dilakukan Yesus? Yesus memahami dengan sangat jelas mengapa Dia datang ke dunia, dan Dia yakin diri-Nya telah menyelesaikan tugas itu.

Yesus datang untuk menegakkan Kerajaan Allah di bumi. Untuk menggenapi visi itu, Dia perlu menyelesaikan dua tujuan: menyediakan akses langsung menuju Allah melalui pengampunan dosa dan meninggalkan beberapa orang yang dapat membawa pesan itu sampai keseluruh dunia. Pada malam ketika Dia dikhianati, Yesus tahu bahwa peristiwa-peristiwa keesokan harinya akan menggenapi tujuan pertama, dan saat Dia memandang ke sekeliling sambil berdoa, Dia memandang pada wajah-wajah orang yang akan dipenuhi dengan Roh Kudus dan membawa berita Injil sampai ke ujung bumi. Pelayanan-Nya lengkap sudah.

Dapatkah kita mengklaim hal serupa itu? Pada akhir setiap hari, bulan, dan tahun serta pada akhir hidup kita, dapatkah kita berdoa dengan penuh keyakinan, “Bapa, aku telah menyelesai kanapa yang Kau kehendaki untuk kulakukan”? Apakah hal seperti itu mungkin? Ya, mungkin saja, dan hal itu mendatangkan kepuasan yang tak tepermanai bagi kehidupan kita. Pertama, kita harus menyelaraskan prioritas kita dengan prioritas Allah, dan kemudian kita perlu menjalankan tugas kita untuk menghormati Dia. Ketika kita menghadapi kesulitan (Yesus jelas menghadapi kesulitan berat), kita tetap percaya bahwa Allah akan memimpin dan memakai kita.

  • Bagaimana Anda tahu bahwa Anda telah menyelesaikan pekerjaan yang Allah percayakan pada Anda setiap hari?
  • Apa yang perlu diubah dalam kehidupan Anda dengan Allah agar halituterjadi?

“Jika amanat oleh raja dunia dianggap sebagai suatu kehormatan, bagaimana mungkin amanat dari Raja Sorgawi dianggap sebagai pengorbanan?”David Livingstone